Kebun Raya Bogor Objek Wisata Alam Wajib Kalau Ke Bogor!

Akhirnya jadi juga rencana Kami untuk berangkat ke salah satu tempat wisata favorit di Bogor yaitu Kebun Raya Bogor atau disebut juga dengan Kebun Botani Bogor! Memang tempat wisata alam ini sudah lama Kami ingin kunjungi, namun gak jadi-jadi karena takut kena macetnya yang cukup populer. Kalo gak macet ya gak Bogor namanya :). Apalagi ditambah dengan angkot yang semakin menjamur dimana-mana.

Kebun Raya Bogor Objek Wisata Alam

Hari Sabtu, 23 September 2017. Kami berangkat agak pagi dari Jakarta tepatnya sekitar jam 06.15-an, dengan tujuan agar terhindar dari kemacetan dan juga agar bisa dapat menghirup udara segar di sana. Namun kami terpaksa harus mengisi kartu e-toll yang sudah mulai tinggal dikit isinya( takutnya habis, buat jaga-jaga) di Rest Area Km 10 Cibubur dan sekalian sarapan disana dengan bekal nasi yang sudah dipersiapkan oleh Umi. Tidak sampai setengah jam disana, Kami meluncur langsung ke toll Jagorawi yang masih terpantau ramai lancar.

Setelah bayar toll Rp. 6.500, kami langsung belok kanan menuju pintu Kebun Raya Bogor, namun di GPS mobil kami mengarahkan untuk belok kanan yang ternyata adalah pasar, sehingga kami tertahan di tempat angkot yang ngetemnya persis di tengah jalan. Jam 08.15, disini kami tertahan gak bergerak sekitar setengah jam, dan berhasil keluar setelah putar balik dengan bantuan tukang parkir dekat sana. (Gak lagi-lagi deh lewat sana). Padahal kalau kami lurus saja tadi pintu masuk tinggal 10 meter saja dari belokan ke kanan tadi.

Setelah berputar agak jauh lagi, kami kembali memutar dan menuju ke tempat semula ke tempat kami keluar belok kanan setelah toll dan kami masuk ke Kebun Raya Bogor sekitar jam 09.00 setelah berputar-putar gak jelas di pasar.

Liburan ke kebun raya bogor ini juga termasuk agak murah. Lihat saja, masuk ke dalam kawasan wisata di bogor ini melalui pintu 1 dan setiap pengunjung dikenakan tiket masuk Rp. 15.000 dan tiket parkir mobil Rp. 30.000.

Setelah masuk, kami belok ke kiri arah lapangan yang besar dan mencari tempat parkir mobil yang teduh. Parkir disini bisa di pinggir jalan asal yang lain bisa lewat, dan ada juga sebagian jalan yang tidak boleh parkir di sepanjang jalannya.

Turun, kamipun berjalan di sekitar Kebun Raya Bogor, tepatnya di taman teratai besar, suasana saat itu lumayan tidak terlalu ramai, karena hari Sabtu. Terlihat ada yang bersepeda, jogging dan ada juga yang bersantai serta terlihat ada beberapa kegiatan lainnya seperti gathering dan acara Pramuka.

Kebun ini sangat luas sekitar 87 hektare, dipenuhi dengan pohon-pohon besar yang berusia mungkin lebih puluhan tahun yang bikin suasananya jadi adem dan sejuk.

Puas berjalan dan udara sudah mulai terasa panas, Kami melanjutkan berputar sekeliling Kebun Raya Bogor dengan menggunakan mobil. Melewati beberapa tempat seperti Jembatan Merah, taman Mexico yang menjadi salah satu spot favorit bagi penggemar selfie atau berfoto.

Selain itu tempat ini juga menjadi tempat wisata edukasi bagi pengunjungnya karena di dalamnya banyak fauna langka yang disetiap tempatnya di berikan papan berisi paparan tentang tumbuh-tumbuhan. Ada juga museum zoologi yang terdapat berbagai koleksi fosil binatang.

Selanjutnya kami meneruskan perjalanan ke arah Istana Bogor yang juga merupakan istana kepresidenan. Disana banyak berkeliaran rusa yang merumput tapi sayang kami gak ketemu, soalnya agak ke dalam dan hari sudah terlihat panas.

Karena sudah siang, akhirnya kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan pulang dengan sesikit melalui kemacetan di sekitar Kebun raya Bogor. Liburan kesini sangat seru karena bisa melihat berbagai aneka Flora yang belum banyak kita ketahui serta menambah pengetahuan untuk kita semua.