Berapa Lama Waktu Ideal untuk Memanaskan Mesin Mobil atau Motor?

Berapa Lama Waktu Ideal untuk Memanaskan Mesin Mobil atau Motor?

Mesin kendaraan baik mobil ataupun speda motor itu secara abaloginya bisa disamakan seperti kita ini, ya seperti manusia juga. Sebelum beraktifitas perlu melakukan yang namanya warming up alias pemanasan. Baik untuk dipakai jarak jauh maupun jarak dekat. Nah. kegiatan memanaskan mesin sebelum juga sangat penting dengan tujuan agar kinerja mesin jadi optimal karena dengan melakukan pemasana mesin akan membuat oli melumasi semua bagian dalam mesin dan mnecegah terjadi gesekan antar logam shingga bisa membuat keausan pada komponen mesin. Karena saat mesin sudah lama tidak dihidupkan, oli akan turun kebawah sehingga bagaian atas menjadi kering atau tidak terlumasi

Berapa Lama Waktu Ideal untuk Memanaskan Mesin Mobil?

Berapa lama sih waktu untuk memanaskan mesin motor atau mobil tersebut? Yang pasti jangan terlalu lama ya bro, idealnya cukup dengan memanaskan mesin selama 1-3 menit terutama untuk motor atau mobil yang sudah menggunakan sistem injeksi atau fuel injection.

Memang hal ini berbeda dengan motor yang masih menggunakan sistem karburator yang memanaskan mesin bisa lebih dari 3 menit. Untuk kendaraan baik mobil atau motor keluaran terbaru, Cukup dengan menekan tombol start sebanyak satu kali itu sudah bisa untuk mengalirkan oli pelumas ke seluruh bagian mesin dengan rata.

Walaupun begitu pada kendaraan bersistem yang menganut karburator pun sebaiknya juga tidak memanaskan mesin terlalu lama. Pemilik mobil atau motor dengan sistem karburator lebih baik memaksimalkan penggunaan tuas choke. Sehingga pada saat mesin sudah menyala dan oli sudah mengalir, proses pemanasan mesin pun juga tidak perlu lebih lama juga.

Seringkali pemilik kendaaan mengabaikan hal ini dan cenderung untuk memanaskan motornya terlalu lama ataupun terlalu cepat. Jika mesin terlalu lama dipanaskan dampak paling mudah terlihat adalah leher knalpot terlihat menguning dan yang pasti boros bensin, sedangkan jika terlalu cepat pelumasan belum merata dan berakibat tenaga mesin jadi tidak optimal.

Untuk motor yang masih menggunakan sistem engkol, sebaiknya dimaksimalkan juga pada saat starter awal atau mengengkolnya maksimal 3 kali, Hindari mengengkol lebih dari itu apalagi hingga puluhan kali, karena bisa menyebabkan knalpot motor mengalami gejala "menembak"karena bensin tersalurkan ruang bakar namun kontak belum on.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar