5 Langkah Menjadi Sahabat yang Baik

Manusia selain makhluk individu adalah juga makhluk sosial yang hakikatnya tidak bisa hidup sendiri. Kita butuh sahabat untuk melengkapi dan mewarnai hari-hari kita, melakukan hal yang kita suka bersama-sama. Tentu menjadi seorang sahabat yang baik adalah yang selalu diidam-idamkan oleh siapapun. Selalu ada di saat susah maupun senang. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menjadi seorang sahabat yang baik. Berikut adalah beberapa cara untuk menjadi seorang sahabat yang baik, cekidot!

1. Menghargai
Siapapun dia dan bagaimana latar belakangnya. Hargailah sahabatmu sebagaimana apa adanya dia. Jangan pernah melihat siapa orang tua ataupun masa lalunya. Jangan pula selalu menyebutkan kekurangan dia di depannya secara langsung. Jika dia punya kekurangan ajarilah bagaimana cara menunjukkan kelebihannya. Dengan begitu kamu juga akan dihargai dan menjadi orang yang berguna. Bukankah sebaik-baik orang adalah dia yang berguna untuk orang lain?

2. Mendengarkan
Apabila temanmu sedang bercerita, jadilah pendengar yang baik untuknya. Jangan pernah menginterupsi di saat dia masih berbicara. Dengarkan ceritanya, bila dia meminta saran maka berilah saran terbaik yang kamu bisa. Ada waktunya kita mendengar, dan ada pula saatnya kita berbicara.

3. Tularkan pemikiran positif
Pemikiran positif yang diaplikasikan pada tindakan-tindakan nyata merupakan sesuatu yang menular. Sahabat-sahabatmu akan menyadari inner beauty yang keluar dari dalam dirimu. Memulai dengan hal sederhana saja, misal ada salah satu sahabatmu sedang mengalami kegagalan. Maka kamu bisa mengajaknya ke suatu tempat yang membuatnya tenang dan barulah membahas masalahnya untuk mendapatkan solusi agar sahabatmu kembali bangkit dari keterpurukan.

4. Memberi
Memberi bukan berarti membelikan sahabatmu kado sepatu paling mahal, atau mentraktir kopi paling mahal. That’s not about that! Lalu apa yang bisa kamu berikan kepada sahabatmu? Bukan materi, melainkan ketulusan dari jiwamu. Memberi disini bisa berupa berbagi pengalaman berharga yang pernah kamu raih, memuji penampilan baru sahabatmu, menolong saat dia membutuhkan bantuan, memberi kejutan yang tak pernah ia duga disaat hari ulang tahunnya dan masih banyak hal yang bisa kamu berikan kepada sahabatmu. Dengan memberi kamu pasti akan menerima imbalan yang jauh lebih berharga.

5. Memaafkan
Memafkan adalah sebuah seni. Memang, memaafkan seseorang yang bersalah merupakan hal yang tidak mudah. Karena amarah pasti membara dalam diri kita. Sebagian orang beranggapan bahwa meminta maaf berarti mengakui kesalahan dan membuka aib diri sendiri, sebagian lagi enggan memaafkan karena merasa tidak dimintai maaf oleh orang yang bersangkutan. Tetapi sebenarnya memaafkan bukanlah hal yang berkaitan dengan benar atau salah. Maaf lebih terkait dengan keikhlasan hati untuk meminta maaf maupun memberi maaf. Percayalah, seseorang yang berhati ikhlas tidak akan disulitkan perjalanan hidupnya oleh Tuhan.

Nah, sudahkah kamu menjadi sahabat yang baik ? Jika merasa belum, segera praktekkan lima hal di atas mulaidari sekarang. Dan rasakan perubahan berharga yang akan datang dalam hidupmu. Karena sahabat adalah segalanya.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar