Cara Mengatasi Teman Yang Suka Bohong

Cara Mengatasi Teman Yang Suka Bohong

Berbohong adalah salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh manusia. Anda mungkin pernah melakukannya, dan orang lain pasti juga pernah melakukannya. Entah sadar atau tidak, berbohong memang terlihat mudah. Tapi, ingat, kebohongan kecil bisa membuat Anda membuat kebohongan-kebohongan lainnya. Jadi, jangan bermain-main dengan kebohongan.

Cara Mengatasi Teman Yang Suka Bohong

Pernah nggak sih Anda bertemu dengan teman yang suka sekali berbohong? Tidak satu atau dua kali, tapi berkali-kali. Kira-kira, kalau Anda dihadapkan dengan dua pilihan jawaban yaitu tinggalkan atau pertahankan, Anda akan memilih yang mana? Jika Anda memilih untuk meninggalkan teman Anda tersebut, pertimbangkan hal-hal berikut ini :

Cari Fakta Dari Teman

Adalah penting untuk mencari apakah hanya Anda yang dibohongi, atau memang sudah menjadi kebiasaan teman Anda untuk berbohong seperti ini. Dekati teman-teman dekat atau keluarga jika memungkinkan, lalu tanyakan apakah berbohong memang sudah menjadi kebiasaan yang teman Anda lakukan. Jika iya, tentu akan sangat susah untuk mengubah kebiasaan teman Anda tersebut. Lalu, cari tahu juga jika dia hanya berbohong pada Anda saja atau juga pada orang lain.

Perhitungkan Untung Rugi

Walaupun sebenarnya dalam pertemanan untung dan rugi adalah hal yang jarang dipertimbangkan, ketika dia sudah mulai berbohong, Anda bisa mempertimbangkan hal ini. Coba pikirkan dengan kepala dingin, apakah kebohongan yang dia lakukan berdampak besar dalam hidup Anda. Jika memang iya, Anda sebaiknya mundur teratur, jaga jarak dan juga mulai belajar untuk merelakan teman Anda ini pergi dari kehidupan Anda.

Bicarakan Baik-Baik

Cara yang paling mudah untuk mengetahui apa yang sebenarnya adalah dengan mengajaknya untuk berbicara secara dewasa dengan kepala dingin. Ini mungkin terdengar mudah, walaupun sebenarnya susah untuk dilakukan. Untuk melakukan tahap ini, Anda perlu meyakinkan diri sendiri bahwa Anda nantinya tidak akan emosi. Tentukan kapan waktu Anda akan berbicara berdua dengan teman Anda, lalu cari solusi bersama.

Maafkan Dan Beri Kesempatan

Jika menurut Anda, persahabatan Anda terlalu berharga untuk dikorbankan, Anda bisa memaafkan dia dan memberinya kesempatan lagi. Namun, bicarakan tentang hal ini dan apa yang ada di pikiran Anda. Dia harus tahu bahwa Anda mengetahui kebohongan yang dia ucapkan. Pastikan juga kalau dia sudah menyesali apa yang dia lakukan. Lalu, kalian bisa saling memaafkan dan belajar untuk mengerti.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar