Cuka Membantu Mengembalikan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Cuka Membantu Mengembalikan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Sunburn atau kulit terbakar sinar matahari adalah mimpi buruk bagi setiap orang, khususnya wanita. Kulit akan terasa perih jika dipegang atau tidak sengaja tergeser oleh sesuatu dan terasa seperti mengelupas. Kulit memerah dan terasa sangat kering. Mengembalikan kulit seperti semula adalah usaha yang penuh dengan perjuangan dan kesabaran. Karena mengembalikan kulit yang terbakar sinar matahari memerlukan ketelatenan dan waktu yang cukup lama.

Kulit terbakar sinar matahari disebabkan oleh terpaparnya kulit oleh sinar UV yang disebarkan matahari. Beberapa orang mangalaminya ketika sedang berjemur di pantai, berenang, atau mendaki gunung. Untuk mengembalikan kulit yang terbakar sinar matahari dapat menggunakan obat yang dijual di pasaran. Namun tidak ada salahnya untuk mengurangi penggunaan obat kimia pada tubuh. Dimana bahan kimia yang pada campuran salep tersebut akan berdampak pada kesehatan. Tidak ada salahnya untuk mencoba mengatasi sunburn dengan obat alami yang ada di sekitar kita, bahkan ada di dapur kita.

Vinegar atau cuka, adalah antiseptik yang dapat membunuh kuman serta menghilangkan rasa sakit, menurut Bonnie K. McMillen. Cuka dapat membantu menyeimbangkan pH kulit, dan mengurangi kemungkinan terjadinya pelepuhan kulit setelah terjadinya pembakaran. Untuk memulihkan sunburn dengan cuka, anda cukup menyiapkan cuka, botol semprot, air hangat dan kapas.

Cuka Membantu Mengembalikan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Langkah 1
Campurkan cuka dengan air secukupnya. Kemudian masukkan kedalam sebuah botol semprot.

Langkah 2
Semprotkan cuka yang telah ditambah dengan air secukupnya, pada daerah yang terbakar. Anda dapat melakukan penyemprotan setiap satu atau dua jam sekali, atau juga dapat dilakukan ketika anda merasakan sakit di daerah yang terbakar tersebut.

Langkah 3
Untuk sunburn yang ada di daerah sekitar wajah, hindari menggunakan alat semprot. Gunakanlah bola kapas yang telah dibasahi dengan cuka. Oleskan kapas pada bagian yang terbakar. Anda harus melakukannya dengan hati-hati agar tidak terkena mata. Karena akan terasa pedih jika terkena mata.

Langkah 4
Tambahkan kurang lebih satu gelas cuka kedalam bak mandi yang telah terisi dengan air hangat. Berendamlah dalam air hangat bercampur cuka tersebut, kurang lebih 15 menit. Ini akan memberikan efek tenang serta meredakan kulit yang terbakar.

Mudah sekali kan melakukan pemulihan sunburn dengan menggunakan cuka. Namun perlu diperhatikan ketika mengalami sunburn, jika anda merasa demam maka anda harus segera menghubungi dokter. Selamat memulihkan kulit yang terbakar.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar