Inilah Fakta Menakjubkan Tentang Kehamilan

Inilah Fakta Menakjubkan Tentang Kehamilan

Kehamilan merupakan hal yang menakjubkan dalam kehidupan. Menyadari ada makhluk yang tumbuh dan hidup dalam diri Anda, sungguh hal yang luar biasa bukan? Memang selama menjalani kehamilan ada rasa tidak nyaman, berat badan yang bertambah, kaki yang membengkak, selalu buang air kecil tiap 10 menit, tapi setelah 9 bulan Anda mendapat hadiah terbaik yang pernah Anda terima.

Inilah Fakta Menakjubkan Tentang Kehamilan

Tahukan Anda ada fakta menakjubkan dibalik kehamilan? Berikut ini beberapa diantaranya:

Rahim membesar
Rahim Anda mengembang hingga 500 kali lebih besar dari ukuran normalnya. Beratnya bisa mencapai 1 kg. Setelah melahirkan, rahim secara perlahan akan kembali ke ukuran dan berat awal.

Rambut terasa lebih lebat
Rambut Anda menjadi lebih penuh dan lebih banyak dari biasanya. Tingkat hormon estrogen yang lebih tinggi selama hamil mencegah rambut menjadi rontok. Tapi setelah melahirkan akan lebih banyak rambut yang rontok

Persendian melunak
Untuk menghadapi proses melahirkan, tubuh memproduksi hormon yang disebut relaksin yang melembutkan persendian. Dengan demikian bayi lebih mudah melewati panggul saat proses persalinan.

Gejala kehamilan pada ayah
Tahukah Anda kalau para ayah mengalami gejala yang sama seperti para istri saat hamil? Kondisi ini disebut sindrom couvade dan terjadi di semua belahan dunia. Biasanya para ayah mengalami gejala kehamilan dari akhir trimester pertama hingga akhir kehamilan

Jantung membesar
Jantung Anda juga membesar, loh. Organ jantung sebenarnya membesar karena bekerja lebih keras dan berdetak lebih cepat disebabkan peningkatan volume darah dalam tubuh. Volume darah meningkat hingga 40 sampai 50 persen.

Ukuran kaki bertambah besar
Hormon relaksin juga melonggarkan persendian di kaki, yang membuat ukuran kaki Anda berubah menjadi lebih besar. Tapi jangan khawatir karena kaki Anda akan kembali ke ukuran normal beberapa bulan setelah melahirkan.

Indera penciuman lebih tajam
Indera penciuman menjadi sangat sensitif selama hamil. Hal ini disebabkan oleh tingginya tingkat estrogen dan hormon HCG (human chorionic gonadotropin).

Ibu yang tinggi dan kehamilan kembar 
Menurut penelitian di tahun 2006 oleh Dr. Gary Steinman, wanita yang berpostur tubuh lebih tinggi lebih mungkin untuk mengandung bayi kembar.

Bayi mendapat nutrisi lebih dulu
Selama hamil, nutrisi dari makanan yang Anda makan langsung didapat bayi sebelum Anda. Meski ketika Anda tidak makan, janin akan mengambil nutrisi dari Anda agar ia tetap sehat. Ini menjadi alasan kenapa penting bagi wanita hamil untuk makan teratur dan sehat dan selalu menjaga kehamilan dengan baik.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar