Jangan Risau Dengan Ukuran dan Bentuk Perut di Saat Hamil

Jangan Risau Dengan Ukuran dan Bentuk Perut di Saat Hamil

Kehamilan satu wanita dengan wanita lain akan berbeda. Begitu pula kehamilan yang pertama dengan kehamilan berikutnya. Tidak jarang ibu hamil merasa khawatir dengan perut buncitnya. Khawatir karena ukurannya terlalu besar, terlalu kecil, atau disebabkan oleh bentuknya. Ada juga calon ibu yang khawatir jika ukuran perut hamilnya menjadi indikasi masalah kesehatan tertentu untuk si janin.

Jangan Risau Dengan Ukuran dan Bentuk Perut di Saat Hamil

Mitos yang berkembang, perut yang besar berarti bayi yang besar, begitu juga sebaliknya. Tapi ini hanya sekedar mitos. Jika Anda bertubuh tinggi, perut hamil anda tentu tidak terlalu terlihat. Tapi bila anda memiliki postur tubuh kecil dan mengandung bayi yang besar, pasti akan jelas terlihat.

Pada buku berjudul Queen Charlotte’s Hospital Guide to Pregnancy & Birth, yang ditulis oleh Adriana Hunter, dijelaskan bahwa ada dua cara untuk menentukan apakah janin berkembang dengan normal, yakni dengan mengukur tinggi fundus (jarak dari tulang panggul ke atas rahim) atau dengan mengukur ukuran janin melalui rabaan perut.

Hal lain yang sering menjadi pertanyaan adalah “apakah bentuk perut saya wajar?” Bentuk perut sering kali disebut-sebut merefleksikan jenis kelamin janin. Tapi tidak ada bukti medis yang mendukung hal ini.

Apa Anda juga penasaran tentang hubungan antarastretch marks (striae gravidarum) dan ukuran perut di saat hamil? Stretch marks berhubungan dengan peningkatan hormon kehamilan dan perenggangan jaringan di bawah kulit. Stretch marks paling sering muncul di bagian perut, tapi bisa juga muncul pada payudara, paha, bokong, dan pinggang. Sekitar setengah dari jumlah wanita hamil mengalami stretch marks

Stretch marks tidak secara langsung berhubungan dengan melebarnya perut. Tapi berhubungan dengan kolagen pada kulit. Garis stretch marks bisa berwarna merah dan kelabu di masa hamil, tapi setelah melahirkan, warnanya jadi memudar, biasanya jadi kurang terlihat dengan jelas. Sayangnya, tidak ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah stretch marks. Krim, minyak, dan pelembab tidak bisa mencegahnya, tapi hanya mengurangi rasa gatal.

Hal terpenting untuk diingat adalah setiap kehamilan memiliki keunikan tersendiri. Membandingkan perut Anda dengan teman lain yang juga sedang hamil bisa jadi hal yang menyenangkan, hanya saja jangan terlalu khawatir bila perut Anda lebih kecil atau lebih besar dari wanita hamil lainnya. Jika Anda telah melakukan semua hal untuk memastikan keamanan dan kesehatan janin, semua kekhawatiran anda hanyalah bagian dari menjaga kehamilan. Jadi nikmati saja pengalaman ini
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar