Kenali Penyebab Jerawat dan Cara Pencegahannya

Kenali Penyebab Jerawat dan Cara Pencegahannya

Mendengar seseorang mengucapkan jerawat saja sudah membuat buluk kuduk merinding apalagi kalau ternyata jerawat juga bersarang di kulit wajah kita. Jerawat sendiri terjadi akibat tersumbatnya pori-pori kulit yang pada akhirnya memicu gelembung-gelembung kecil seperti bisul. Jerawat dipicu oleh berbagai sebab, untuk mengatasi jerawat pun tidak bisa sembarangan, kita harus mengenali terlebih dahulu apa sih yang membuat jerawat muncul.


 Artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa pemicu timbulnya jerawat secara umum dan cara pengobatannya.

1. Wajah Terlalu Berminyak
Wajah berminyak merupakan faktor utama penyebab timbulnya jerawat. Kulit wajah memang secara aktif memproduksi minyak alami untuk melembutkan serta mengenyalkan tekstur. Nah, untuk mencegah timbulnya produksi minyak berlebih maka kurangi konsumsi makanan berlemak dan berminyak seperti goreng-gorengan, keju, susu, dan jeroan. Sebaliknya perbanyak konsumsi buah dan sayur, terutama sayur hijau tua dan buah yang mengandung vitamin C. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan scrub pada saat anda berjerawat karena akan menimbulkan peradangan dan iritasi pada wajah. Cukup basuh wajah anda dengan air dan gunakan es batu untuk mengurangi peradangan pada jerawat.
2. Faktor Hormonal Dari Dalam Tubuh
Kelenjar minyak sendiri dipengaruhi oleh hormon testoid atau yang lebih dikenal dengan sebutan hormon androgen. Hal ini lebih banyak terjadi pada wanita yang telah berumur dan mengalami menopause. Namun, penelitian menyebutkan bahwa pada kondisi tertentu wanita yang tengah mengandung ataupun mengalami tamu bulanan (menstruasi) juga dapat mengalami kondisi tersebut. Anda dapat berkonsultasi pada dokter ahli untuk mengetahui apa yang sebaiknya dilakukan, biasanya dokter akan memberikan suplemen untuk mengontrol hormon atau obat anti inflamasi seperti kortikosteroid. Sebaiknya, jangan membeli suplemen yang beredar di pasaran tanpa berkonsultasi terlebih dahulu.

3. Cemas Berlebih Atau Stres
Terlalu banyak pikiran atau stres dapat memicu peningkatan kadar hormon. Yang mana, akan sangat berpengaruh pada kondisi tubuh anda. Sulit tidur, rambut rontok, berjerawat, adalah beberapa contoh efek negative dari stres. Yang perlu anda lakukan adalah mengendalikan diri dan menekan emosi. Anda bisa meluangkan waktu untuk sekedar bersantai sejenak dari rutinitas harian anda. Berjalan santai di pagi hari, membaca buku favorit anda, atau mendengarkan musik ketika tiba-tiba masalah datang melalui pikiran-pikiran anda.

Bersikap positive dapat membantu mengurangi tekanan akibat masalah yang anda hadapi dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh badan wajah anda.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar