Teman Sering Pinjam Uang, Bagaimana Nih?

Teman Sering Pinjam Uang, Bagaimana Nih?

Sebagai teman, kita memang merasa segan jika tidak membantu teman yang lain yang sedang kesusahan. Namun, kadang niat baik tidakdibalas dengan sikap yang baik. Ada saja teman yang terlihat suka memanfaatkan keadaan dan membuat kita akhirnya membantu walaupun enggan. Pernah mengalami hal ini dong?


Teman Sering Pinjam Uang, Bagaimana Nih?

Seperti misalnya, ada teman yang ingin meminjam uang karena mereka tidak punya cukup uang untuk membeli atau membayar sesuatu. Karena berniat untuk membantu, maka kita dengan senang hati memberikan uang. Yang kadang ini akan jadi boomerang karena teman tersebut akan mulai menggampangkan. Beruntung jika uang tersebut dikembalikan tanpa berbelit-belit. Tapi, bagaimana jika teman tersebut hanya memanfaatkan kita dan sering pinjam uang jadinya?

Nah, agar kita tidak terjebak dengan teman yang sering pinjam uang, lebih baik kamu membaca tips berikut ini :

Tanya mendetail

Tidak salah jika kita tanya secara mendetail mengapa dia membutuhkan uang (lagi dan lagi, mungkin). Jika dia memang sedang dalam kesulitan, maka kamu boleh saja meminjamkan uang. Tapi, jika ini dilakukan terus menerus maka kamu perlu berhenti. Ini akan membuat kamu yang masuk dalam kesulitan. Jika dekat dengan sahabat-sahabat lainnya, tanyakan apakah benar teman kamu sedang kesulitan? Atau tanyakan pada orang tuanya jika dirasa perlu.

Lihat juga keadaan kamu

Memiliki niat untuk membantu boleh saja. Tapi, jangan lupa untuk lihat juga keadaan kamu. Jangan paksakan jika kamu tidak punya uang untuk membantu teman kamu. Tidak selamanya tanggung jawab kamu untuk membantu semua teman kamu. Kamu memiliki kapasitas dan kemampuan sendiri yang bisa kamu tentukan, perlu atau tidak, bisa atau tidak membantu teman kamu.

Jika enggan, tolak saja

Jangan enggan untuk menolak. Biasanya, wanita susah sekali menolak permintaan teman dekatnya. Padahal kamu juga butuh. Padahal, kamu juga tidak punya cukup banyak uang. Padahal, dia tidak terlihat terlalu kesulitan. Jika kamu memang enggan dan merasa tidak bisa, maka tolak saja. Berikan alasan yang jujur sehingga dia juga akan mengerti.

Tidak mudah memang menolah permintaan orang lain, apalagi teman dekat. Tapi, semoga dengan tips di atas kamu bisa semakin bijak terutama jika ada teman kamu yang sering pinjam uang dengan alasan yang tidak jelas. Ingat selalu tips di atas ya, jadi kamu akan selalu waspada dan hati-hati ketika akan meminjami uang pada orang lain. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar