Tips Agar Persahabatan Awet dan Bermanfaat

Tips Agar Persahabatan Awet dan Bermanfaat

Sahabatmu adalah mereka yang mau menerima segala keadaanmu dan ‘menampar’mu ketika kamu berada di jalan yang salah. Karenanya, menjaga hubungan dengan sahabat kamu adalah hal yang penting. Pada dasarnya, kedua hubungan ini memang memiliki dasar yang sama yaitu komunikasi dan juga rasa peduli serta hormat. Tentu, siapa sih yang tidak ingin memiliki sahabat yang bisa diandalkan hingga selamanya?

Tips Agar Persahabatan Awet

Nah, kali ini saya akan mengajak kamu untuk tahu apa sih rahasia agar persahabatan kamu bisa awet hingga kakek nenek nanti. Sebenarnya, tips-tips yang akan kami sampaikan adalah hal-hal sederhana tapi sering terlewat atau kadang tidak kita sadari. Nah, apa sajakah itu. Cek di sini :

Waktu Privasi

Semua orang memiliki waktunya untuk sendiri dan melakukan hal lain selain bersama dengan sahabat-sahabatnya. Nah, sebagai sahabat kamu harus menghargai itu. Yakin deh, dengan tidak selalu bersamanya tidak akan membuat hubungan kalian retak. Kamu hanya perlu memberinya waktu privasi dan tidak terlalu membuat satu pihak bergantung pada pihak yang lainnya. Ini juga berlaku di media sosial lho. Kamu tidak perlu selalu chatting dengan dia atau SMS setiap waktu.

Persaingan

Misalnya, dalam nilai di sekolah, kamu dan sahabat kamu ingin saling menyemangati untuk mendapat nilai yang bagus. Tapi malah berujung dengan persaingan. Bersaing boleh saja, asal ini tidak merusak hubungan kalian. Apalagi jika salah satu ada yang merasa cemburu dengan lainnya. Ini akan menjadi bibit yang buruk untuk hubungan kalian. Dukung sahabat kamu dengan baik dan ikut berbahagialah jika dia mendapatkan sukses.

Tentang Curhat

Sahabat memang tempat curhat, tapi bukan berarti dia bisa menjadi tempat sampah untuk masalah yang sama. Dia bisa bosan dan ini adalah hal yang wajar. Kamu harus belajar untuk tidak selalu mengeluh padanya. Kamu juga harus belajar untuk mendengarkan karena dia juga akan mendengarkan ketika kamu bercerita.

Jangan Menghakimi

Pernah dengar istilah ‘Karena nila setitik, rusak susu sebelanga’. Melakukan kesalahan adalah hal yang wajar dan sahabat kamu mungkin melakukannya. Tidak apa jika kamu marah, tapi kalian harus menyelesaikannya. Masalah yang datang akan membuat kamu tahu sifat aslinya dan bagaimana kamu menanggapinya. Kamu juga akan belajar untuk toleransi dan kompromi. Jangan menghakimi lalu membencinya ya.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar