Tips Menjaga Kehamilan Tetap Sehat

Tips Menjaga Kehamilan Tetap Sehat

Di saat hamil, menjaga dan merawat diri sendiri menjadi hal yang sangat penting. Tentu siapa saja akan menasihati tentang apa yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan, termasuk dokter, anggota keluarga, teman, bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Cara menjaga kesehatan selama hamil bergantung pada Anda sendiri, jadi penting sekali untuk membekali diri dengan informasi tentang cara untuk menjaga Anda dan bayi sesehat mungkin.

Tips Menjaga Kehamilan Tetap Sehat

Kunci untuk melindungi kesehatan janin Anda adalah dengan melakukan perawatan pranatal secara teratur. Hubungi dokter untuk menjalani pemeriksaan jika mengira diri Anda hamil. Pada kunjungan pertama, dokter biasanya akan melakukan tes kehamilan dan mencari tahu berapa minggu usia kehamilan Anda berdasarkan pemeriksaan fisik dan tanggal terakhir menstruasi. Dokter juga menggunakan informasi ini untuk memperkirakan tanggal kelahiran.

Perbanyak minum
Minumlah cukup cairan, terutama air putih, selama hamil. Volume darah wanita meningkat drastis selama hamil, dan minum cukup air setiap hari bisa membantu mencegah masalah yang umum dikeluhkan selama hamil seperti dehidrasi dan konstipasi.

Nutrisi dan suplemen
Anda sekarang makan untuk dua orang, jadi ini bukan waktu yang tepat untuk mengurangi kalori atau menjalani diet. Anda membutuhkan sekitar 300 kalori tambahan setiap hari, terutama di pertengahan kehamilan, ketika bayi mulai tumbuh dengan cepat. Jika Anda sangat kurus, sangat aktif, atau mengandung lebih dari satu janin, Anda membutuhkan kalori lebih banyak. Pastikan kalori Anda berasal dari makanan bernutrisi yang akan berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Dengan makan sehat dan pola makan seimbang membuat Anda mendapat nutrisi yang diperlukan. Anda membutuhkan lebih banyak nutrisi penting seperti kalsium, zat besi, dan asam folat dibanding sebelum hamil. Dokter akan meresepkan vitamin pranatal untuk memastikan Anda dan bayi mendapat jumlah yang cukup. Tapi mengkonsumsi vitamin pranatal tidak berarti Anda bisa makan makanan yang kurang nutrisinya. Penting untuk diingat bahwa Anda masih perlu makan dengan baik ketika hamil. Vitamin prantal ditujukan sebagai penambahan makanan, dan tidak dimaksudkan untuk menjadi satu-satunya sumber nutrisi yang diperlukan.

Olahraga
Senam aerobik ringan selama sekitar 1 jam setiap minggu menjadi saran yang bisa Anda coba jika sebelumnya Anda belum aktif berolahraga. Ada juga pijat saat kehamilan juga dapat membantu, namun tentunya dengna perlakuan yang hati-hati. Tapi bila Anda sangat aktif atau terbiasa melakukan aerobik sebelum hamil, Anda bisa tetap terus melakukannya, selama dokter menyatakan aman. Konsultasikan lebih dulu pada dokter sebelum mulai menjalani olahraga tertentu.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar