Benarkah Pijat Bisa Mempercepat Kehamilan?

Benarkah Pijat Bisa Mempercepat Kehamilan?

Memang tidak ada studi ilmiah yang membuktikan pijat bisa meningkatkan kesuburan dan mempercepat kehamilan. Tapi setidaknya ada satu penelitian menunjukkan bahwa terapi pijat bisa menurunkan tingkat stres. Karena stres terbukti mengganggu proses untuk bisa hamil, jadi masuk akal kalau dengan menurunkan stres melalui pijat secara teori bisa meningkatkan kesempatan untuk hamil. Jalan menuju kehamilan bisa penuh dengan stres.

Benarkah Pijat Bisa Mempercepat Kehamilan?

Tingkat stres yang tinggi dapat merusak usaha Anda untuk bisa hamil. Stres bisa mengganggu pusat hormon pada otak. Akibatnya, otak tidak mengeluarkan hormon reproduksi yang dibutuhkan untuk memerintahkan ovarium ketika melepaskan sel telur, sehingga menunda ovulasi.

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan di bulan Januari tahun 2004 di International Journal of Neurosciences, peneliti meminta 36 orang dewasa yang sehat untuk menjalani salah-satu dari 3 jenis pijat dasar. Meski peneliti tidak melihat efek pijat terhadap kesuburan, tapi ditemukan tingkat stres yang menurun.

Pijatan pada bagian perut bisa meningkatkan kemungkinan untuk hamil atau secara drastis mengurangi waktu untuk mencoba hamil. Salah-satu hambatan yang umum untuk bisa hamil adalah posisi rahim yang miring. Persendian yang menahan rahim agar tetap tegak memiliki elastisitas tinggi sehingga ketika Anda hamil rahim bisa melebar tanpa rasa sakit. Hal ini juga berarti rahim bisa miring dengan mudah. Aktifitas seperti mengangkat beban berat, menunggang kuda, atau terjatuh bisa menyebabkan rahim miring atau secara alami memang posisinya sudah miring.

Kemanapun arah kemiringan rahim bisa menyebabkan kesulitan untuk hamil. Pada kasus yang berat, rahim juga bisa miring atau terlipat sehingga menyebabkan masalah kesuburan. Rahim yang sedikit miring tidak menunjukkan gejala yang jelas terlihat, tapi kondisi yang parah bisa menimbulkan rasa sakit atau menstruasi yang tidak teratur serta rasa tidak nyaman saat berhubungan seksual.

Dengan terapi pijatan rahim bisa secara perlahan kembali ke posisi alami. Kemiringan yang ringan bisa diperbaiki dengan satu kali pijat, dan yang berat bisa membutuhkan dua hingga tiga kali pijat. Pemijatan di area ini juga memperkuat persendian di sekitarnya sehingga mencegah kemungkinan kemiringan terjadi kembali. Terapi sederhana ini mungkin hanya membutuhkan waktu satu jam tapi dapat mengurangi usaha Anda untuk bisa hamil selama berbulan-bulan. Jadi sepertinya tidak ada yang lebih baik selain menjauh sesaat dari kesibukan lalu berbaring rileks, mendengarkan murotal yang menenangkan, dan menikmati pijatan dari kepala hingga ujung kaki.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar