Kenali 11 Tanda-tanda Awal Kehamilan

Ragu kalau Anda hamil? Untuk memastikannya berikut ini tanda-tanda kehamilan yang umum dialami para calon ibu:

Keluar bercak darah
Sekitar 5 hingga 10 hari setelah hamil, beberapa wanita mengeluarkan bercak darah saat embrio tertanam di rahim.

Berhenti menstruasi
Indikator yang paling jelas dari kehamilan adalah tidak mengalami menstruasi. Tapi ternyata ini tidak selalu menandakan Anda sedang hamil. Stres, pola makan, atau jadwal yang tidak teratur juga bisa menjadi penyebabnya, jadi lebih baik melakukan tes kehamilan untuk memastikan Anda hamil atau tidak.

Payudara membesar
Rasa nyeri pada payudara menjadi salah satu tanda kehamilan yang paling umum. Di awal kehamilan payudara akan menjadi penuh dan berubah bentuk sebagai persiapan memproduksi ASI. Payudara juga menjadi sangat sensitif, tapi tidak semua wanita mengalami perubahan ini bisa juga ukuran perut saat hamil juga agak membesar.

Warna gelap pada areola
Bagi kebanyakan wanita, hormon bisa menyebabkan areola (lingkaran di sekitar puting) melebar dan berwarna gelap selama hamil. Ini terjadi karena tubuh mempersiapkan diri untuk menyusui.

Sering pipis atau konstipasi
Ketika hamil, rahim menekan langsung ke kandung kemih sehingga Anda menjadi lebih sering buang air kecil. Tekanan dan perubahan pada usus juga bisa menyebabkan konstipasi. Tentu, semakin janin tumbuh besar, rahim semakin menekan kandung kemih dan organ lainnya.

Kelelahan
Banyak wanita merasa sangat lelah di awal kehamilan. Kelelahan akan sedikit berkurang di kehamilan usia 12 minggu, ketika plasenta sudah terbentuk sempurna.

Mual
Mual menjadi salah-satu efek samping kehamilan. Mual disebabkan oleh peningkatan hormon. Sekitar 80 persen wanita mengalami morning sickness selama 3 bulan pertama kehamilan. Sering kali rasa mual tidak hanya pada pagi hari, tapi sepanjang hari.

Mood swings
Banyak wanita mengalami pergantian mood sepanjang kehamilan. Kondisi emosi yang tidak menentu wajar terjadi karena adanya perubahan hormonal dan tubuh juga sedang mengalami perubahan.

Merasa pusing
Perubahan hormonal disertai dengan detak jantung yang lebih cepat untuk memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh bisa menyebabkan tekanan darah secara perlahan berkurang di awal kehamilan. Sebagai akibatnya, banyak wanita hamil yang mengalami pusing.

Sakit kepala
Keluhan migraine bisa muncul seiring datangnya kehamilan. Banyak wanita mengalaminya di bulan-bulan awal, baik ringan maupun berat.

Selalu merasa lapar
Tubuh yang sedang mengandung janin membutuhkan sekitar 300 kalori tambahan setiap harinya. Beberapa wanita ada yang menginginkan makanan yang sebelumnya mereka tidak sukai, sedang yang lainnya selalu merasa lapar sepanjang hari.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar