Tips dalam Memelihara Kesehatan Rambut

Tips dalam Memelihara Kesehatan Rambut

Rambut adalah mahkota. Mungkin anda sudah sering kali mendengar istilah tersebut. Banyak wanita menginginkan rambutnya untuk selalu terlihat indah berkilau dan sehat seperti yang sering diperlihatkan dalam iklan-iklan shampo. Namun, shampo dan kondisioner saja tidak cukup untuk membuat rambut terlihat indah. Berikut beberapa tips dalam memelihara rambut agar rambut tetap terjaga keindahannya tanpa membuang banyak uang untuk perawatan.

Tips dalam Memelihara Kesehatan Rambut

Jangan menyisir rambut saat rambut basah karena rambut sedang berada dalam kondisi rapuh. Saat anda menyisirnya, anda akan mengurangi elastisitas rambut dan bisa menyebabkan kerontokan. Jadi, tunggu hingga rambut setengah kering lalu anda bisa menyisirnya menggunakan jari ata sisir bergigi lebar.

Setidaknya selama dua minggu, cobalah untuk tidak menggunakan alat yang dapat merusak rambut seperti hair dryer, curling irons, straightening iron, dan lain-lain. Biarkan rambut mongering secara alami atau gunakan kipas angin. Kalau anda masih ingin membuat rambut anda terlihat menarik, cari gaya yang tidak memerlukan alat-alat tersebut seperti side buns.

Meskipun rambut panjang membuat anda terlihat feminin, cobalah untuk sesekali menggunting ujung-ujung rambut terutama apabila rambut anda bercabang dan ujungnya terasa kasar.

Lakukan keramas dengan benar. Mulailah dengan menyiram kepala sampai semua rambut dan kulit kepala basah dengan air hangat. Air hangat membuka pori-pori kulit kepala sehingga shampoo ataupun kondisioner anda dapat meresap dengan baik. Lalu mulailah memberi shampo mulai dari rambut di dekat kulit kepala sampai ke ujung.

Rambut di dekat kulit kepala adalah rambut muda yang berarti masih sangat berminyak. Oleh karena itu, menyampo dari kulit kepala sangat disarankan untuk mengurangi rambut berminyak. Setelah itu anda bisa memberi kondisioner dari tengah rambut hingga ujungnya. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas sampai benar-benar bersih. Usahakan untuk membilas rambut dengan air dingin agar pori-pori kembali menutup dan membuat rambut terlihat berkilau.

Keringkan rambut dengan menggunakan baju berbahan kaus atau yang sering disebut t-shirts. Mengeringkan rambut dengan handuk bisa merusak rambut. Sedangkan dengan t-shirts, air akan diserap lebih baik tanpa menyebabkan kerusakan pada rambut.

Selain beberapa tips di atas, anda juga bisa memelihara rambut anda dengan memperhatikan makanan anda. Makan makanan seperti telur, alpukat, kacang almond, dan makanan sehat lainnya. Perbanyak minum air putih serta kurangi pemakain aksesoris yang dapat merusak rambut.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar