Tips Memilih Kacamata yang Tepat Buat Kamu

Tips Memilih Kacamata yang Tepat Buat Kamu

Di zaman ketika fashion begitu berkembang, kacamata kini tidak sekedar menjadi alat bantu penglihatan. Kacamata pun bisa menunjang penampilan seseorang menjadi lebih menarik. Tetapi sesuatu yang fashionable juga harus diimbangi dengan kenyamanan pemakaiannya. Di artikel ini akan dibahas tips aman dan efektif dalam memilih kacamata bagi pemula ataupun yang sedang berpikiran untuk memilih bingkai kacamata baru yang sesuai dengan karakter.

Tips Memilih Kacamata yang Tepat Buat Kamu

Tips dalam memilih kacamata:

1. Tentukan budget yang akan kalian keluarkan. Jangan jadikan harga yang mahal sebagai standar kacamata yang bagus. Bijaklah dalam menentukan besarnya budget kalian, lalu sesuaikan dengan tabungan dan kebutuhan.

2. Bagi kalian yang memiliki kelainan refraksi pada mata, alangkah baiknya untuk memeriksa mata di optik sebelum membeli kacamata. Ada dua metode pemeriksaan, yaitu secara subyektif dan obyektif. Pemeriksaan secara subyektif dilakukan dengan menggunakan lensa percobaan dan obyek (biasanya berupa sederet huruf dan angka dengan ukuran besar hingga kecil) yang diletakkan di jarak tertentu. Kemudian lensa percobaan akan diganti dan disesuaikan sesuai kemampuan penglihatan pasien pada obyek tersebut hingga akhirnya menemukan kekuatan lensa koreksi yang terasa pas dan nyaman.

Yang kedua adalah pemeriksaan secara obyektif, pemeriksaan ini menggunakan peralatan otomatis yang dijalankan sesuai prosedur oleh sang operator. Pemeriksaan obyektif cenderung lebih singkat dibanding pemeriksaan secara subyektif. Kalian bisa menggunakan salah satu atau bahkan kedua metode sekaligus apabila merasa kurang yakin dengan satu jenis pemeriksaan saja. Resep kacamata yang pas akan membuat mata menjadi lebih nyaman.

3. Pilih jenis lensa yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari kalian. Untuk kalian yang sering beraktivitas di luar ruangan sewaktu siang hari, pilih lensa plastik yang dilapisi dengan UV Protection. Sedangkan, untuk kalian yang lebih sering beraktivitas di dalam ruangan dan di depan komputer, kalian dapat memilih lensa kaca untuk penggunaan jangka panjang dan sulit untuk tergores, lalu pilihlah juga lensa anti radiasi. Lensa anti radiasi sanggup mengurangi efek radiasi komputer yang masuk ke mata. Selain kedua jenis aktivitas tersebut, sekarang juga sudah ada lensa yang mempermudah penglihatan para pengendara untuk berkendara di malam hari.

4. Pastikan bingkai kacamata nyaman di pelipis dan batang hidung. Pilihlah tangkai bingkai kacamata yang sedikit lentur dan dapat menyesuaikan dengan ukuran wajah dengan fleksibel.

Sekarang, kalian sudah mendapatkan gambaran tentang langkah bijak memilih kacamata yang nyaman bagi mata kalian bukan?
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar